Salah satu kota di Jawa Timur yang cukup dikenal dengan keaslian seni dan budayanya

  • Whatsapp

SILIMEDIA.ID – Tari Boran ini menggambarkan sisi kehidupan para penjual Nasi Boran di Lamongan dalam menjajakan dagangannya dan berinteraksi dengan para pembeli,
pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 dan menjadi juara umum tingkat provinsi Jatim dalam ajang Festival Karya Tari Jatim. Tahun berikutnya yaitu tahun 2007,

Tari Boran ini menjadi juara umum nasional Parade Tari Nusantara yang berlangsung di Jakarta. “Tari Boran ini merupakan tarian tradisional yang sangat terkenal di Lamongan dan menjadi salah satu tarian khas yang gerak dasarnya terinspirasi dari para penjual nasi boran, makanan khas yang hanya ada di Lamongan salah satu properti Tari Boran adalah Boran atau wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu.

Dahulu, para penjual nasi boran menjajakan dagangannya dengan cara menggunakan Boran atau wadah nasi yang terbuat dari bambu dan ditaruh diatas kepala mereka untuk membawanya. Untuk menjajakan Nasi Boran ini, mereka berjalan kaki dan menawarkan dagangannya ke setiap orang yang mereka dijumpainya.

Read More

“Perjuangan mereka itulah yang menginspirasi para seniman di Lamongan untuk menciptakan Tari Boran ini.
menggunakan busana tradisional berupa baju kemben lengan panjang dan celana sepanjang bawah lutut dengan warna yang sama seperti kebaya dan kain batik khas Lamongan pada bagian pinggang menutupi celana.

“Dalam perkembangannya, Tari Boran menjadi salah satu tarian khas dan kebanggaan dari kota Lamongan.

Related posts